Novel

IMG20160609075424.jpg

Salah satu koleksi novel saya 🙂

Novel adalah teman saya semenjak masih menjadi siswa SD. Saya masih ingat novel pertama yang membuat saya senang sekali membaca adalah novel karangan Enid Blyton, Lima Sekawan. Saya sudah baca seluruh seri Lima sekawan dari awal sampai akhir.  Novel Enid Blyton tersebut sangat penting untuk saya. Karena, karena novel itulah saya jadi ingin menulis. 

Saya tidak memiliki semua seri nya, namun saya memiliki beberapa seri dari novel Lima Sekawan ini. Saya beli novel ini mulai dari harga nya masih sekitar Rp. 15000, sampai akhirnya harga novel ini terus naik sampai menyentuh angka Rp. 30000. Kertas dari novel ini masih semacam kertas koran yang berwarna kelabu.. yang agak suram sebenarnya. Ilustrasi nya bahkan masih jadul banget.

IMG20160610104638.jpg

Beberapa novel Lima Sekawan

Tapi bahan kertas yang seperti itu malah sepertinya lebih tahan lama. Entah kenapa, novel- novel saya yang lain. Yang umur nya lebih muda dari novel Lima Sekawan ini, sudah mulai menguning. Noda kuning mulai menyebar seperti virus di seluruh halaman novel.

Agak menyebalkan karena noda kuning itu menyebabkan novel terasa sangat kotor. Entahlah.. Kalau saya baca dibeberapa situs, salah satunya di forum Goodreads. Penyebab novel menjadi menguning bisa beberapa sebab. Seperti terkena sinar matahari langsung, keadaan ruangan yang lembab, atau umur buku sudah lebih dari lima tahun.

IMG20160610102509.jpg

Warna nya berubah 😦

Kalau saya perhatikan, penyebab yang paling mungkin adalah kondisi ruangan di rumah saya yang agak lembab sepertinya menjadi salah satu penyebabnya. Dan umur buku juga bisa… Tapi kalau umur buku saya kurang yakin karena ada novel yang umur nya lebih lama namun kondisi kertas nya masih bagus.  Bisa jadi beberapa faktor tersebut dipengaruhi juga dengan jenis kertas setiap novel yang ada.

Saya baru menyadari ada beberapa novel saya yang kertas nya muncul noda kekuningan saat saya kemarin menyusuk kembali novel- novel saya di rak. Yah… mau diapakan sudah berubah juga warna nya hahahaha.

Kertas boleh berubah warna, tapi isi dari setiap novel pasti tetap sama kok 🙂

Salah satu cara yang saya lakukan untuk menjaga kondisi udara tetap baik adalah dengan menggunakan silica gel. Tujuan dari penempatan silica gel ini untuk menjaga agar udara di tempat buku diletakan tidak terlalu lembab.

IMG20160610102533.jpg

Silica gel

Setidaknya, saya ingin novel yang saya punya bisa bertahan lama agar bisa terus dibaca suatu saat nanti. Apalagi kalau lagi engga ada uang untuk membeli novel baru, membaca novel yang lama juga seru kan 🙂

Membaca adalah salah satu cara untuk berlibur yang paling menyenangkan… Karena selalu ada kejaiban tersembunyi dari setiap rangkaian kata yang ada dalam setiap buku.

 

-FNFA-

 

2 thoughts on “Novel

  1. ninda berkata:

    jadi kalo gitu sekarang mbak mainnya dimarih aja dong? 🙂 ayo semangat ngeblognya rizi, ikut lomba blog, lomba menulis
    kalau menang kan seneng dapat hadiahnya, nambahin daftar prestasi biar gak galau garagara masalah itu

    Suka

Tinggalkan Balasan

