Jogging

Central_Park_jogging5-1940x1294.jpg

Image from this link!

Ada satu olah raga yang saya suka, yaitu jogging. Saya tidak bisa banyak melakukan olah raga yang satu ini ketika masih kuliah karena jadwal kuliah saya yang cukup padat. Kadang malah kalau pun ada waktu luang, saya hanya ingin istirahat dirumah. Nah, liburan semester sekarang ini akhirnya saya bisa melakukan jogging lagi.

Kalau sebelum bulan puasa kemarin. Saya biasanya jogging setiap pagi. saya mulai jogging sekitar jam tujuh sampai jam delapan. Kalau untuk rute jogging nya tidak pernah sama. Tergantung dari kondisi jalan yang saya lalui. Saya biasanya menghindari jalan yang banyak kendaraan bermotor berlalu lalang. Saya tidak kuat dengan bau asap nya. Saya pasti akan batuk- batuk. Saya cenderung memilih jalan yang banyak perumahan nya. Karena suasana nya lebih santai dan tidak terlalu berisik.

Tapi semenjak bulan puasa, jadwal jogging pagi saya tiadakan. Takut haus dan lapar duluan nanti nya. Jadilah saya pindahkan ke sore hari menjelang berbuka. Kalau bulan puasa saya baru jogging sekitar v lima sore. Supaya kalau haus, bisa langsung berbuka ketika adzan maghrib. Tetapi intensitas jogging saya jadi agak jarang sih ketika bulan puasa.. paling hanya seminggu tiga kali.

Saya mulai rajin jogging awalnya karena disarankan oleh dokter…

Saya lumayan sering pergi ke dokter THT karena masalah telinga dan pernafasan. Saya memiliki alergi terhadap udara dingin. Hidung saya pasti akan tersumbat dan saya pasti bawaan nya ingin batuk terus. Entahlah… dada saya terasa sesak. Dokter THT menyarankan saya untuk berolah raga lari/jogging atau berenang. Berhubung yang paling gampang itu jogging, jadilah saya memilihnya.

Saya juga punya pengalaman buruk berhubungan dengan pernafasan. Pernah dulu ketika saya masih SD, saya minum obat batuk Vicks. Setelah saya minum obat, saya langsung tidur. Beberapa saat kemudian.. saya terbangun. Dada saya benar- benar terasa sesak. Saya kesulitan bernafas. Saya yang panik saat itu hanya bisa bilang ke orang tua saya bahwa saya sesak nafas sambil menangis.

Serius, saya merasa hampir benar- benar tidak bisa bernafas saat itu.

Akhirnya saya dibawa ke dokter yang ada di dekat rumah saya… dan dokter nya bilang obat yang saya minum terlalu kuat untuk saya. Dan….. saya memiliki gejala asma. Sebenarnya.. saya sampai saat ini masih suka merasa sesak nafas sesekali. Kadang ketika saya tidur, saya juga suka merasa sulit bernafas. Masih gejala sih… tapi saya berharap gejala itu bisa hilang dengan saya berolah raga.

Alasan lain saya mulai rajin jogging adalah.. berat badan 🙂

Saya ingin menurunkan berat badan saya yang mulai agak berlebihan… dan Alhamdulillah berat badan saya sudah turun 2 Kg! yay! 😀 Semoga bisa turun lagi ya..

Saya baca di Better Health Channel Victoria State Goverment dan YourDailyWorkout, ada banyak manfaat dari Jogging. yaitu bisa mengurangi berat badan, menguatkan tulang, mengurangi kemungkinan serangan jantung, serta menghilangkan rasa stress.

Kadang kalau sedang banyak pikiran atau stress, jogging tuh bisa menghilangkan semua hal yang mengganggu dikepala. Rasanya kaya meninggalkan seluruh beban hidup jauh dibelakang.

Kalau temen- temen pada suka jogging juga engga? atau mungkin suka dengan olah raga yang lain? Kalau ada yang mau share tips diet boleh juga tuh hihihi 🙂

-FNFA-

P.S.: Well, tadi saya iseng search tentang obat batuk Vicks yang bikin saya sesak nafas dulu… dan ternyata obat ini udah ditarik dari pasaran sejak 2013 oleh pemerintah karena ada kandungan Desktrometorfan yang tidak boleh digunakan oleh orang yang memiliki asma, emfisema atau ketika ada jumlah yang luar biasa besar dari lendir atau dahak (flem). (sumber berita disini!)

Yah… padahal saya mengalami hal itu sudah lama sekali ketika saya masih SD kalau tidak salah.. obat nya baru ditarik bertahun- tahun kemudian… 

Tinggalkan Balasan

