Si Bungsu

IMG20160622110306

keep smile!

 

Sudah beberapa minggu belakang ini saya merasa tidak enak untuk makan. Saya biasanya banyak mengunyah makanan dengan menggunakan gigi yang berada di sisi kiri mulut. Tetapi.. sekarang kalau saya menggunakan nya.. Saya langsung merasa kesakitan. Yang jadi masalah adalah… gigi bungsu saya sepertinya sedang tumbuh.

Gigi bungsu merupakan gigi yang paling terakhir muncul. Gigi ini biasanya mulai tumbuh di umur 17 sampai 25 tahun. Kalau menurut Dentalhealth.org, kalau ada space yang cukup luas biasanya gigi ini akan tumbuh. Namun setiap orang berbeda- beda ada yang tumbuh ada juga yang tidak. Gigi bungsu bisa dibiarkan tumbuh, walau terkadang menimbukan rasa tidak nyaman.

Dan itulah yang sedang saya alami sekarang 😦

Saya tidak memiliki banyak masalah dengan gigi sebelumnya. Paling  kalau saya ke dokter gigi hanya untuk sekedar check up saja. Pernah sih dulu ketika masih SD gigi nya berlubang dan harus ditambal. Tetapi ya hanya itu saja…

Yang agak mengganggu adalah rasa sakit nya ini datang dan pergi sesuka hati. Kadang kalau lagi sakit banget… saya sampai harus pelan- pelan mengunyah makanan. Tapi setelah itu rasa sakitnya hilang, dan saya bisa makan seperti biasa.

Dan ketika bulan puasa sekarang, rasa sakit nya malah terasa hampir setiap hari…

Rasa sakit ini terasa karena gusi yang ada disekitar gigi bungsu itu selalu tergigit oleh gigi saya yang lain 😦 Saya belum sempat pergi ke dokter gigi lagi. Padahal bulan lalu saya baru saja pergi ke dokter gigi untuk check up. Tapi tidak ada masalah apa- apa saat itu.  Mungkin setelah lebaran nanti saya coba pergi ke Dokter gigi untuk diperiksa.

Yang agak horror adalah banyak cerita yang tidak menyenangkan tentang gigi bungsu ini…

Saya sering sekali membaca tentang gigi bungsu yang harus di cabut karena posisi nya tidak pas. Sejujurnya saya berharap gigi bungsu saya tidak perlu dicabut. Ya… serem aja gitu kalau dicabut… Masalahnya saya belum pernah dicabut sekalipun gigi nya. Dan semoga saja tidak perlu… 😦

Karena penasaran, akhirnya saya iseng browsing di google cara- cara untuk mengurangi rasa sakit ini. Ada beberapa tips yang saya dapatkan untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada saat tumbunya gigi ini. Salah satu nya dengan kumur- kumur menggunakan air hangat yang diberi satu sendok garam ( Sumber dari Dentalhealth.org). Rasa sakit nya emang berkurang sih…. tapi rasa asin nya itu lhoo… gak nahan hahaha. Engga apa- apalah asalkan rasa sakit nya bisa berkurang.

Semoga gigi bungsu ini bisa tumbuh dengan baik ya… Doakan yaa teman- teman semua…

Kalau temen- temen pernah ada yang mengalami masalah dengan gigi yang satu ini?

-FNFA-

4 thoughts on “Si Bungsu

  1. shiq4 berkata:

    Klo saya bermasalah karena gigi menguning karena sering merokok dan minum kopi. Rutin sikat gigi pun warnanya gak berubah. Jadi pasrah aja. 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

