Kesabaran

Great Braga.jpg

Suasana di Jalan Braga pas lagi weekend. Macet parah 🙂 

Hampir semua jalanan yang ada di kota Bandung sepertinya tak ada yang luput dari padat nya kendaraan bermotor yang berlalu lalang hampir di setiap waktu. Keadaan jalanan yang sangat padat itu sering kali membuat beberapa pengendara  menjadi tidak terkendali.

Pernah suatu kali saya baru saja turun dari angkutan umum di salah satu jalan di kota Bandung. Saya masih harus berganti angkot saat itu karena tempat yang saya tuju masih agak jauh. Akhirnya saya memutuskan untuk berjalan menuju angkot yang selanjut nya di trotoar . Keadaan jalan saat itu memang sangat padat. Bahkan mobil sampai terhenti saat itu. Saya yang sedang berjalan dengan santai saat itu di kagetkan dengan suara klakson yang tiba- tiba muncul dari belakang saya.

Ternyata, dibelakang saya sudah ada beberapa kendaraan motor yang masuk ke trotoar untuk keluar dari kemacetan.

Saat itu saya sedang menggunakan headset. Karena kesal dengan tindakan mereka yang tetap meng- klakson secara terus menerus. Saya pun memilih tetap berjalan dengan pelan. Pura- pura tidak mendengarkan suara apapun. Dan akhirnya mereka kembali ke jalan yang semula, dan menyalip saya lalu kembali menggunakan trotoar.

Kok kesan nya jadi seperti saya yang salah ya. Padahal trotoar jelas- jelas fungsi nya untuk pejalan kaki. Ini mah malah digunakan oleh beberapa pengendara motor untuk keluar dari kemacetan. Giliran saya tegur untuk jangan pakai trotar, eh mereka malah balik marah ke saya.

Hadeuh, kenapa ada orang semacam itu sih… ._.

Di lain waktu, ketika saya sedang berkendara menggunakan mobil. Ada sebuah mobil yang sedang ingin belok saat itu. Mobil itu berada didepan saya. Mobil itu sudah menyalakan lampu sein nya untuk memberi tahu bahwa ia mau belok saat itu. Nah, dari arah yang berlawanan. Ada motor yang jarak nya masih sangat jauh dari posisi mobil yang ada didepan saya. Karena jalan yang arah nya berlawanan sudah cukup lowong, mobil didepan saya pun mulai berbelok. Eh tau nya motor yang datang dari arah berlawanan itu bukan nya mengurangi kecepatan nya untuk memberikan jalan pada mobil yang di depan saya, ini mah malah semakin memacu motor nya dengan sangat cepat sambil membunyikan klakson.

Lha mobil didepan saya kan udah dari tadi memberi tanda dan dia juga udah setengah jalan. Ini motor malah maksa banget ingin diberi jalan. Ya tetep aja pada akhirnya dia harus berhenti. Setelah mobil didepan saya sudah berhasil belok. Motor itu kembali meng-klakson seakan- akan memberitahu bahwa ia sangat marah.

Saya heran kenapa sekarang ini banyak sekali pengendara motor yang cara berkendara dengan ugal- ugalan. Seakan- akan ia ingin menunjukan ‘Heh, ini jalan gue. Pergi lu semua dari sini.’ Ada beberapa pengendara motor yang tidak mau mengalah saat dijalan. Tidak hanya kepada pengendara lain, bahkan pada pejalan kaki juga.

Saya juga sering sekali dibuat kaget oleh motor yang tiba- tiba nyalip dari sisi kiri mobil, dan dia tau nya mau belok ke kanan. Lha mobil saya yang arah nya lurus jadi kaget lah padahal saya sudah dijalan yang sesuai…

Yang agak ngeselin juga kalau ada mobil yang parkir engga liat keadaan sekitar. Udah tau jalan nya dua arah dan cuma cukup untuk dua mobil, eh ini mah malah parkir aja di pinggir jalan cuma buat beli makanan. Terus ujung- ujung nya jalan jadi macet parah gara- gara ada satu mobil yang menghalangi.

Memang tidak semuanya seperti itu, masih banyak juga yang berkendara dengan baik dan berhati- hati kok. Tapi kok saya sering nya bertemu dengan yang tidak sabaran dan bernafsu ya… 😦 Yang saya maksud disini setidak nya sebagai sesama pengguna jalan seharusnya kan saling menghargai satu sama lain. Baik yang menggunakan mobil, maupun yang menggunakan motor.

Kalau temen- temen ada yang punya pengalaman tidak mengenakan atau mungkin unik saat sedang berada dijalan? Share di kolom komentar boleh tuh! 🙂

-FNFA-

Iklan

5 thoughts on “Kesabaran

  1. shiq4 berkata:

    Di tempat saya masih sepi pak. Juarang ada kendaraan. Tapi yg paling nyebelin itu pas di lampu merah. Karena nggak ada polisi yg jaga, banyak yg nrobos lampu merah. Akhirnya kadang2 bikin macet deh.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s