Doodling!

IMG20160802112557.jpg

Doodling hasil dari nonton channel  Pic Candle

Pasti semua orang pernah melakukan hal yang satu ini. Saat sedang beraktifitas, ada saja waktu dimana kita merasa jenuh dengan apa yang kita lakukan saat itu. Dan ketika semua perasaan itu muncul, tampa kita sadari kita mulai menggoreskan pena kita di atas kertas dan mulai menggambar hal- hal yang abstrak. Asal gambar saja, yang penting hati senang.Tampa kita sadari kita mulai melakukan doodling.

Dulu ketika masih SD, saya sangat senang sekali menggambar. Kalau sedang merasa bosan dengan pelajaran dikelas, saya pasti akan menggambar tidak jelas di halaman buku tugas saya. Jadilah halaman paling belakang buku tugas saya rata- rata penuh dengan coretan abstrak yang tidak jelas. Pada akhirnya ketika buku tugas itu dikumpulkan, guru saya memarahi saya karena mencoret- coret halaman belakang nya.

Kebiasaan saya untuk menggambar mungkin sudah pudar seiring berjalan nya waktu. Tapi sampai sekarang ini kalau sedang ada waktu luang, atau ketika saya sedang banyak pikiran. Saya pasti mulai menggambar hal- hal yang abstrak. Entahlah, semua hal itu seakan menjadi semacam pelampiasan untuk melepaskan beban yang ada di dalam pikiran saya. Misal nya saya sedang tidak ada ide sama sekali untuk menulis, saya akhirnya mengalihkan perhatian saya dengan mulai melakukan doodling.

IMG20160802102531.jpg

Setelah saya membaca beberapa artikel di The Huffington Post dan The Wall Street Journal, ternyata doodling memiliki beberapa manfaat. Salah satu manfaat yang paling saya rasakan adalah melakukan doodling membantu untuk mengembangkan ide. Kadang kalau saya berusaha berfikir dengan keras tampa menuliskan atau mencorat- coret sesuatu di atas kertas, semua ide itu seakan datang. Lalu melayang begitu saja tampa ada jejak.  Setelah itu saya malah merasa semakin bingung. Dengan doodling, ide- ide itu bisa terkumpul dan dikembangkan dengan lebih mudah.

Saya juga sekarang menyediakan beberapa halaman kosong di planner yang saya miliki sebagai tempat untuk doodling 🙂

IMG20160802102510.jpg

Salah satu doodle yang ada di planner saya 🙂 

Lalu ketika saya sedang merasa sangat bosan di kelas ketika dosen sedang menjelaskan dengan panjang lebar mengenai materi kuliah tampa memberi sedikitpun celah untuk beristirahat. Saya kadang merasa sangat mengantuk, saya bukan tipe orang yang senang memperhatikan dosen berbicara panjang lebar di depan kelas. Itu terlalu membosankan…apalagi kalau suara dosen nya seperti alunan lagu pengantar tidur. Lalu udara dingin dikelas sangat mendukung untuk membuat kedua kelopak mata saya untuk menutup.

Akhirnya saya mencoba untuk doodling. Menggambar serta menulis bebas apapapun yang ada di dalam pikiran saya saat itu. Dalam beberapa saat setelah melakukan nya, saya mulai bisa fokus lagi mendengarkan dosen menjelaskan materi didepan kelas. 🙂 Walau kadang ujung- ujung nya tetep ketiduran juga sih hahahahaha

Saya lebih suka latihan soal sih dari pada dengerin dosen jelasin materi didepan kelas. Karena kalau latihan soal kan tangan serta seluruh indra harus kerja, jadinya saya engga bakal ngantuk.

Kalau temen- temen ada yang suka doodling juga kalau lagi kerja atau mengerjakan sesuatu? Ada yang punya cerita tentang doodling juga ga nih? Kalau ada boleh share di kolom komentar ya!

-FNFA-

5 thoughts on “Doodling!

  1. ninda berkata:

    Doodlingku ala-ala gak seimut fizi.. oh yaa bikin yang pake warna-warna gitu lucu zi haha terus dibikin versi diginalnya di print pake kertas sticker, ditempel di planner :p

    Suka

  2. zilko berkata:

    Hahaha, ketika membaca judulnya, kukira ini adalah tentang sebuah website (bernama “doodle”) untuk membuat janji antara beberapa orang (yang banyak dipakai di Belanda 😛 ).

    Suka

Tinggalkan Balasan

