Catatan Kuliah

IMG20160823194659-01.jpeg

Berhubung sudah mulai kuliah, jadi kepikiran tentang hal yang satu ini. Yang namanya kuliah itu pasti tidak akan jauh dari yang nama nya catatan. Setiap orang punya gaya nya masing- masing untuk menulis catatan kuliah. Mulai dari sekedar menulis catatan di selembar kertas binder, sampai menulis di buku catatan biasa.

Saya lebih suka menulis catatan di buku. Banyak teman saya yang menulis catatan kuliah di  kertas binder, yang nanti nya di simpan di binder. Tapi kok  saya dari dulu kurang suka sama binder ya. Apalagi untuk catatan, semua materi dari berbagai macam mata kuliah campur aduk ada di satu binder. Memang sih bisa di pisah dengan pembatas. Tapi tetap saja menurut saya menulis catatan kuliah di binder itu kurang rapih…

Memang kalau menulis di buku tulis biasa kalau  untuk anak kuliahan  seperti nya engga keren banget. Masa udah kuliah masih pake buku tulis, kaya anak SD, SMP, atau SMA aja hahaha. Tapi gimanaa yaa… saya sudah terbiasa menulis di buku biasa. Lebih dapet mood buat belajar nya juga pas baca catatan nya lagi.

Ada beberapa hal yang cukup menjadi kendala untuk menulis catatan kuliah. Salah satu nya adalah dosen yang menjelaskan materi dengan sangat cepat. Belum  juga kelar nulis apa yang dia katakan sebelum nya, eh udah di ganti aja slide power point nya. Jadi kadang saya kalau nulis catatan udah kaya balapan sama dosen. Gimana caranya supaya engga ketinggalan sama materi yang dijelaskan.

Jadilah tulisan saya gak rapih banget dan kadang saya sendiri ga bisa baca hahaha.

Makanya, setiap selesai kelas kadang saya coba untuk merapihkan lagi catatan yang sudah saya tulis sebelum nya. Supaya lebih lengkap dan rapih, jadi pas mau ujian ga pusing juga baca nya. Sebenarnya ada beberapa dosen yang baik mau ngasih bahan kuliah nya, atau bahkan ada yang di upload di e-learning. Tapi kan engga semua nya…hahaha

Kadang merapihkan tulisan yang sudah berantakan gara- gara nulis nya buru- buru tuh susah nya minta ampun. Kalau pun bisa, butuh waktu yang lama untuk menulis ulang catatan nya. Maka dari itu, semester lalu saya sempat berpikir…

Gimana ya cara supaya bisa merapihkan catatan dengan waktu yang cepat?

Dan semester lalu saya iseng mencoba satu hal. Saya menyalin ulang catatan saya menggunakan Microsoft Word di Laptop. Setelah selesai, tinggal saya print saja!

Mengetik ulang terasa lebih cepat dan tidak melelahkan seperti menulis ulang menggunakan tangan. Lumayan kan menghemat waktu. Trik ini bisa dipakai untuk mata kuliah yang banyak hafalan. Kalau untuk yang hitungan ya tetep aja sih lebih enak menulis pakai tangan, jadi bisa lebih mudah mengingat nya.

Jadi, ketika di kelas saya tidak harus menuliskan setiap kata yang di ucapkan dosen maupun yang ada di power point. Cukup tuliskan beberapa poin penting nya, lalu tulis setiap tambahan informasi  dari dosen yang terkadang engga ada di buku. Lalu setelah selesai kelas, mulai lah mengetik catatan yang sudah ditulis saat di kelas tadi sambil dilengkapi dengan penjelasan- penjelasan yang bisa ada di buku maupun di internet. Kadang mencari definisi maupun penjelasan lebih enak mencari di internet. Lebih cepat dan praktis di banding membuka buku tebal yang malah bikin pusing sendiri. Tapi tetap harus di pastikan kebenaran nya di buku nya ya.

Kalau temen- temen ada yang punya tips menulis catatan kuliah/sekolah? Share di kolom komentar ya!

-FNFA-

Iklan

9 thoughts on “Catatan Kuliah

  1. kuliah terakhir aja lupa kapan hahaha
    kalau gasalah inget aku pake binder juga dulu fizi, cuma jarang nyatet disitu juga. aku lebih banyak nyatet langsung di buku teks, kayak footnote penjelasan aja sih. apalagi kalo bukunya fotokopian kan lapang banget tuh bagian belakang halaman buat nulis. atau kalau nggak ya nyatet di binder terus ditempel dihalaman buku cetak dimateri yg lagi dibahas. random banget kayaknya masa kuliah
    aku juga berantakan btw dulu hyahaha
    pake pembatas efektif kok kalo pake binder cm masalahnya binder kan ringnya kecil gitu ya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s