#CollegeLife : It’s About Study

IMG20161009175726.jpg

Entah semenjak kapan saya memiliki kebiasaan untuk menyendiri. Ada banyak hal yang menurut saya hanya bisa dilakukan ketika saya sedang sendiri. Semua hal yang  di kerjakan terasa bisa lebih terarah sesuai dengan tujuan yang ingin saya capai. Suasana nya terasa berbeda.

Kebiasaan menyendiri ini cukup aneh memang yang untuk anak kuliahan seperti saya, dimana kebanyakan mahasiswa lain senang bergerombol pergi kesana kemari dengan kelompok nya masing- masing. Keluar kelas bareng, masuk kelas bareng, ketika mau makan juga bareng. Intinya, kemana- mana pasti ada temen nya deh.

Semua itu berbanding terbalik dengan apa yang sering saya lakukan. Saya tak terlalu suka untuk secara tidak langsung ‘terikat’ dengan seseorang. Itu terasa sangat tidak enak, jadi engga bebas aja gitu. Disisi lain saya selalu punya beberapa hal yang memang hanya ingin saya lakukan sendirian saja. Kalau ada orang lain didekat saya, saya merasa tidak nyaman untuk mengerjakan nya. Sulit untuk berkonsentrasi.

Yaa… mungkin untuk beberapa orang saya akan terlihat seperti mahasiswa ansos yang tidak terlalu menonjol ._.

Dan semua kebiasaan itu meresap sampai ke gaya belajar saya.  Biasanya, kalau teman- teman saya yang lain. Mereka terlihat cukup nyaman dan bisa berkonsentrasi untuk belajar bersama dalam sebuah group. Saling berdiskusi tentang satu materi, membahas soal, dan lain sebagai nya. Tapi cara belajar seperti itu sepertinya tidak cocok dengan saya…

Pertama,

Mereka cenderung lebih cepat menangkap materi. Dijelaskan sekali, langsung mengerti. Lha saya mah harus di ulang- ulang dulu baru bisa benar- benar mengerti. Jadi nya kalau belajar bersama kelompok gitu saya malah ngerasa kaya terseret- seret sendiri… dan berujung stress karena bingung sendiri. Ini sebenernya yang dibahas materi yang mana sih… 😦

Kalau belajar sendiri, saya bisa terfokus pada materi yang belum saya mengerti. Saya juga bisa menentukan sendiri materi apa yang benar- benar ingin saya dalami. Saya biasanya baru bisa belajar kelompok kalau sebelum nya saya sudah belajar sendiri dulu, dan ketika belajar kelompok saya bisa bertanya materi yang saya tidak mengerti. Nah kalau seperti itu baru pas dengan saya. 🙂

Kedua,

Belajar berkelompok itu kadang suka melenceng dari tujuan awal. Berhubung ada banyak orang, kemungkinan untuk membicarakan hal lain di luar pelajaran lebih besar. Lima belas menit awal biasa nya masih fokus belajar, sisa nya malah jadi ngobrol tentang berbagai hal. Seru sih… tapi jadi engga bisa fokus belajar.

Sedangkan kalau sendiri kemungkinan itu cukup kecil. Paling kalau belajar sendiri itu masalah nya adalah rasa bosan itu sendiri. Suasana yang hening kadang suka membuat rasa kantuk itu datang. Untuk mengatasi nya, saya mencoba untuk memutar beberapa lagu yang saya suka. Biasanya saya memutar lagu- lagu instrumen yang ada di youtube. Lumayan untuk membantu supaya engga merasa begitu ngantuk dan bosan.

Kalau ada yang penasaran, lagu nya bisa didengarkan disini! Ada sih satu lagu lagi, tapi lagu yang satu lagi menurut saya agak aneh. Lagu nya itu lebih terdengar seperti suara gelombang gitu. Agak serem sih kalau didengerin malem- malem dan sendiri… Tapi kalau penasaran juga, klik disini untuk mendengarkan nya.

Kalau teman- teman gimana? Lebih senang belajar sendiri atau berkelompok? 🙂

-FNFA-

16 thoughts on “#CollegeLife : It’s About Study

  1. eh, salam kenal fahri, kalo saya bisa dua-duanya. berkelompok kalo emang tujuannya diskusi, biasanya kalo saya gak paham materi minta dijelasin sama temen baru paham. tapi untuk urusan menghafal mending nyepi deh, sambil dengerin musik dan mencoret-coret biar inget materi.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Yeah, sama mbak 😀 aku sukanya menyendiri sih, tapi kalau emang udah buntu gitu deh baru berkelompok bahas-bahas gitu. Soalnya kalau langsung berkelompok gitu, biasanya malah langsung nyontek tugas aja._.

    Suka

Tinggalkan Balasan

