DIY: Study Board

IMG20161009165431.jpg

Sesi DIY (Do It Your Self) kembali lagi di blog ini! Di sesi DIY sebelum nya, saya memberikan tutorial tentang cara membuat personal planner. Di proyek yang kedua ini, saya ingin membagikan tutorial untuk membuat study board. Study Board ini terinspirasi dari berbagai sumber yang pernah saya lihat. Mulai dari DIY yang ada di youtube, sampai beberapa postingan foto di Instagram. Yap, ide untuk membuat DIY memang selalu ada tersebar di berbagai tempat. Namun yang sulit adalah menemukan waktu yang tepat untuk membuat nya..

Saya sudah memiliki ide untuk membuat ini semenjak dari libur semester kemarin. Namun karena ada satu dan lain hal, saya baru bisa melanjutkan ini sekarang. Awal mula saya ingin membuat study board ini adalah karena saya agak bosan melihat meja belajar saya yang agak monoton. Jadi setidak nya saya ingin menambahkan beberapa hal kecil untuk membuat saya lebih semangat mengerjakan sesuatu di meja belajar.

Okay, Lets start!

Alat dan Bahan:

  1. Noticeboard

Untuk yang satu ini tidak harus seperti yang saya pakai. Saya memakai noticeboard yang saya beli di IKEA yang ada di Alam Sutra, Tanggerang. Saya memilih noticeboard ini karena warna nya coklat. Kalau tidak salah noticeboard yang seperti ini ada di Ace hardware juga deh. Atau kalau ingin yang lebih mudah didapat, bisa juga pakai papan styrofoam yang sering di jual di fotocopy terdekat.

2.  Majalah Bekas/ Kertas polos

Untuk majalah bekas juga optional sih, saya pakai majalah bekas ini untuk memberi beberapa aksen di studyboard nya. Jadi semacam hiasan gitu deh. Untuk kertas polos nya nanti akan saya jelaskan di bawah ya.

3. Alat warna

Alat warna nya bebas sesuai selera dan keinginan, kalau ingin yang praktis lebih baik pakai spidol dan pensil warna. Kalau pakai cat air agak membutuhkan waktu juga ketika mewarnai beberapa bagian hiasan nya.

4. Double Tip Foam

Bentuk nya mirip dengan double tip biasa, tapi kalau yang ini punya sisi yang lebih tebal dari biasanya. Fungsi nya supaya apa yang di tempel bisa lebih menonjol ketika di lihat.


 

Untuk membuat study board ini sebenarnya tergantung kebutuhan dari masing-masing orang. Kalau saya sebelum memulai membuat, saya mencoba membuat semacam konsep dalam bentuk sketsa. Sketsa ini kira-kira menggambarkan bagaimana wujud study board ini jika sudah selesai dibuat.

IMG20160725192652.jpg

Konsep dari StudyBoard yang saya buat

Seperti yang bisa dilihat dalam sketsa di foto, saya memutuskan untuk membagi bidang notice board yang ada menjadi beberapa bagian. Saya memisahkan setiap bagian nya menggunakan semacam judul. Judul yang saya buat antara lain To Do List, College Schedule, Best Quote, dan Remember.

Judul ini saya buat dengan menggunakan kertas yang saya ambil dari Sketch Book lama yang saya miliki. Tujuan saya menggunakan kertas dari sketch book  adalah karena kertas nya itu lumayan tebal. Jadi bisa tahan lama jika saya tempel menggunakan double tip foam.

IMG20160728174649.jpg

Best Quote, di bagian ini saya ingin menempelkan beberapa quote yang saya suka 🙂

IMG20160725202721.jpg

Beberapa bagian yang ada didalam studyboard saya

Setelah itu, saya tinggal menempelkan beberapa judul yang sudah saya buat beserta hiasan-hiasan lain yang sudah saya buat sebelumnya. Kebanyakan hiasan nya saya buat menggunakan kertas bekas, lalu saya beri warna menggunakan spidol maupun pensil warna.

Double tip foam yang digunakan untuk menempelkan semua ornamen yang ada bisa di dapatkan di toko alat tulis terdekat. Engga harus pakai double tip foam sih, pakai double tip biasa juga bisa. Tapi pertimbangan saya menggunakan double tip foam ini adalah supaya setiap ornamen yang saya tempelkan bisa terasa lebih menonjol. 😀

IMG20160728181607.jpg

Double tip foam yang saya gunakan

Berhubung notice board yang saya punya warna nya itu coklat. Jadi kesan nya itu agak bikin bosen gimanaa gitu. Jadilah saya memutuskan untuk memberikan beberapa sentuhan warna dengan menggunakan gambar yang saya dapatkan dari katalog  alat rumah tangga yang saya dapatkan dari IKEA. Gambarnya itu bagus- bagus, jadi pas banget untuk dijadikan background di studyboard saya.

 

Sebagai pelengkap saya membuat semacam note yang saya buat menggunakan kertas sketch book. Saya membuat garis menggunakan pulpen berwarna biru dan merah. Kalau mau praktis bisa juga memakai sticky note  seperti post it yang bisa langsung digunakan. 🙂

IMG20160727054459.jpg

IMG20160727054914.jpg

Note untuk di tempelkan di Studyboard.

Dan setelah semua komponen selesai, tinggal ditempel menggunakan double tip foam. Kalau masalah menempel nya  sesuai selera masing- masing. Yay jadilah study board untuk kamar belajar kita!

img20161022215109

 

Lumayan kan Studyboard ini bisa membantu sebagai pengingat beberapa hal seperti hal yang harus di kerjakan, jadwal ujian, jadwal kuliah, dan beberapa quote yang bisa menjadi penyemangat ketika sedang malas belajar hahahaha 🙂

Ada yang senang mendekorasi kamar juga? 😀

-FNFA-

12 thoughts on “DIY: Study Board

  1. zilko berkata:

    Keren hasilnya!

    Iya ya, study board begini memang bagus. Dulu sewaktu S2, di apartemen sudah disediakan beginian (apartement khusus mahasiswa internasional sih memangnya). Tetapi begitu pindah apartemen, ga ada lagi, hahaha.

    Disukai oleh 1 orang

  2. anindyarahadi berkata:

    lucuuu banget bikinan fizii 😀 noted buat nanti-nanti sapa tahu workspacenya mayan gede. saat ini semua lengkap di planner dulu

    Suka

Tinggalkan Balasan

