IMG20170511064016-01.jpeg

Another night, I’m here with some weird lo-fi music again. Setiap ada tanggal merah, keadaan saya selalu seperti ini. Bimbang antara ingin tidur, namun disisi lain ada banyak hal yang ingin dilakukan karena ada space waktu yang sangat banyak. Semua hal itu berujung dengan saya sama sekali tidak bisa tidur. Sepertinya beberapa hari belakangan ini saya jadi selalu menulis dimalam hari.

Seperti yang sudah saya ceritakan di beberapa postingan sebelumnya. Saya sedang lumayan tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan postcrossing. Hal ini membuat saya setiap kali membuka instagram selalu mencari akun yang memiliki koleksi postcard yang bagus-bagus. Nah, akibat utama dari melihat hal-hal menarik seperti postcard dengan berbagai macam motif itu adalah saya jadi ingin mencoba swap postcard dengan mereka.

Saya sama sekali belum pernah melakukan yang namanya postcrossing. Jadi pada awalnya agak ragu juga untuk mengajak mereka swap postcard. Namun ada satu akun instagram yang postcardnya sangat menarik. Postcardnya semacam ilustrasi dari kota yang dia tinggali. Kebanyakan postcardnya adalah ilustrasi kota Seattle, USA. Saya memberanikan diri untuk menghubungi dia melalui direct massage instagram. Ada salah satu postcard yang di post yang saya inginkan dan saya ingin bertukar kartu pos dengan dia.

Awalnya saya memperkenalkan diri saya dulu, lalu saya bertanya kepada dia apakah dia mau swap postcard dengan saya? lalu saya mengirimkan beberapa foto postcard yang saya miliki kepada dia untuk dia pilih. Saya berharap ada salah satu postcard yang saya miliki menarik minatnya. Dengan begitu saya bisa swap dengan dia.

IMG20170508122304.jpg
Postcard yang teman saya pilih 🙂

Beberapa jam kemudian dia menjawab bisa. Lalu bertanya postcard mana yang saya inginkan untuk di swap. Singkat kata akhirnya kami janjian untuk saling berkirim postcard. Dia mengirimkan alamat nya kepada saya. Teman swap saya ini ternyata tinggal di Seattle, USA. Jadi keinget sama film Sleepless in Seattle yang dibintangi Tom Hanks deh. Bikin baper banget tuh film hahaha. Apalagi setting tempatnya keren banget…

Hal yang paling penting dari swap postcard jelas perangko. Saya sempat browsing di internet dan menemukan beberapa informasi mengenai biaya perangko untuk postcard. Saya membaca dari blog denissapostcard bahwa perangko yang dibutuhkan ke Amerika biasanya sebesar 9000. Saya memutuskan untuk membeli perangko sekalian mengirimkannya di kantor pos.

Pada hari senin setelah selesai kelas, saya berangkat langsung ke Graha Pos Indonesia yang berada di Jl. Banda, Bandung. Disana seingat saya ada tempat untuk membeli perangko dengan berbagai macam motif juga makanya saya memutuskan untuk pergi kesana. Saya tidak berani mengrimkan via cabang Pos Indonesia. Takut engga kekirim postcard nya hahahaha. Sesampainya disana, saya langsung memilih beberapa perangko. Ada berbagai macam perangko dengan range harga yang lumayan banyak. Mulai dari Rp.5000 sampai yang ratusan ribu juga ada.

Awalnya saya beli yang set  dengan gambar binatang khas Indonesia. Ada tujuh buah perangko dengan nominal  1500, 2500, dan 1000. Setelah membayar, saya langsung memasangkan perangko itu ke postcard. Saya awalnya memasang tiga buah perangko 2500.

 

IMG20170508122255.jpg

Setelah itu saya baru sadar udah engga ada space lagi buat perangko…  ._.

Terlalu banyak dekorasi di bagian belakang postcard saya jadi ruang untuk perangkonya agak sempit. Masalahnya bentuk perangko yang saya beli ada yang persegi panjang dan persegi. Yang 1500 bentuknya persegi dan agak besar. Jadi tidak cukup untuk ditempelkan. Jadilah saya memutuskan untuk membeli perangko lagi….

Ketika saya sedang memilih  perangko (lagi), karyawan disana bertanya pada saya mau mengirimkan surat kemana. Saya bilang mau kirim postcard ke Amerika. Dan dia menyarankan saya jangan beli yang satuan lagi seperti yang sebelumnya saya beli. Kalau kebanyakan tempel perangko kata dia takutnya ada perangko yang lepas dalam perjalanan jadi lebih baik beli yang satu saja.  Dia akhirnya mencarikan saya satu perangko 10000. Jadilah saya beli perangko itu hahaha.

IMG20170508123418.jpg
Akhirnya berhasil juga pasang perangkonya 😄

Masalahnya.. tiga perangko tadi sudah terlanjur saya tempel dan tidak bisa dilepas lagi. Jadilah saya biarkan. Lalu saya tempelkan perangko 10000 di sisa ruang yang tersedia. Jadi dengan kata lain saya memasang perangko dengan nominal 17500! Hahaha… kebanyakan banget itu :’)

Tapi engga apa-apa deh semoga postcardnya sampai dengan selamat dan semoga teman swap saya senang dengan postcard serta perangko yang kebanyakan itu hahaha.

 

Ada yang pernah postcrossing juga? Mungkin ada yang tertarik swap postcard dengan saya? Tulis di kolom komentar jika ada yang mau swap postcard dengan saya ya! 😄

-FNFA-

