Presentation

IMG_20181113_065713.jpg

Ada satu hal yang paling membuat semester ini terasa sangat berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Hampir di semua mata kuliah yang saya ambil di semester ini mengharuskan saya untuk presentasi. Kebanyakan presentasi kelompok, namun beberapa juga ada presentasi individu. Jujur saja hal ini lumayan menjadi beban pikiran saya karena beberapa semester lalu, saya tidak begitu sering melakukan presentasi. Jadi di beberapa kesempatan saya jadi agak kaku sekali ketika sedang mempresentasikan sebuah materi.

Ada dua hal yang kemungkinan akan saya lakukan ketika presentasi.

Kalau engga gagap karena bingung dengan materi, yang mana biasanya terjadi kalau saya kurang begitu memahami materi presentasinya.

Atau kemungkinan yang kedua, saya sangat paham dengan materinya. Namun penyampaian materi saya sangat terburu-buru. Entah kenapa saya refleks berbicara dengan sangat cepat. Kebanyakan sih yang satu ini yang terjadi sih… dan berujung saya selalu kena tegur dosen karena kecepetan banget ngomongnya.

Agak mengesalkan memang, karena ini bukan kali pertama saya di kritik karena cara berbicara saya yang agak cepat. Sewaktu SMA juga saya sempat dapat masukan yang sama soal cara berbicara saya. Sulit sekali rasanya untuk merubah cara berbicara saya karena mungkin saya sudah melakukan hal yang sama dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehinga butuh waktu juga hingga saya bisa berbicara dengan perlahan dan jelas.

Untungnya seiring berjalannya waktu, dengan berbagai macam tugas presentasi yang selalu ada setiap minggu. Saya mulai perlahan mencoba utuk memeperbaiki cara presentasi yang saya lakukan. Yaaa walau masih tetap aja sih terkadang masih suka keblablasan juga cepet ngomongnya hahaha ๐Ÿ˜ฆ Aslian deh capek juga ternyata presentasi tiap minggu itu… Setelah ujian tengah semester kemarin, tinggal sekitar dua mata kuliah saja yang mengharuskan saya presentasi lagi. ย Semoga di kedua mata kulaih itu saya bisa melakukan presentasi dengan lebih baik lagi ya..

Mata kuliah di semester-semester akhir ini memang banyak banget yang mengharuskan presentasi. Mungkin memang sengaja ya untuk mempersiapkan saat sidang nanti. Masih engga kebayang kalau sidang nanti bakal kaya gimana presentasinya. Belum lagi ada dosen pengujinya pula kalau sidang hahaha.

Ngomong-ngomong soal sidang, jadi keinget soal skripsi… Beberapa waktu belakangan ini saya merasa aga stress memikirkan topik skripsi apa yang akan saya buat. Saya sudahย  pergi ke perpustakaan melihat skripsi anak-anak akuntansi sih untuk mencari inspirasi. Namun sampai sekarang saya masih belum menemukan topik yang menarik. ๐Ÿ˜ฆ

Well, Apakah ada yang punya saran atau tips untuk presentasi?

-FNFA-

Iklan

10 respons untuk โ€˜Presentationโ€™

  1. Rissaid 13 November 2018 / 10:29 am

    sama banget, bingung mau ngomong apa vs kecepatan kalau ngomong

    anyway saran aku sih pokoknya berada dilingkungan yg bakal bikin km produktif/minimal baca2: Perpustakaan. Hindari buka youtube, surfing the net just too much hehe

    Disukai oleh 1 orang

    • fahrizinfa 15 November 2018 / 11:01 am

      iyaa aku lagi mencoba mengurangi buka youtube banget XD kayanya aku setiap hari selalu buka youtube hahaha

      Suka

  2. zilko 13 November 2018 / 2:30 pm

    Berdasarkan pengalamanku presentasi begini penting juga lho. Nggak sebatas sidang/pas kuliah saja, tapi juga untuk selebihnya nanti. Terkadang di dunia kerja presentasi itu juga penting soalnya, dan cakupannya bisa macam-macam (presentasi dalam tim, kantor, luar kantor, dll) ๐Ÿ˜› . Jadi bagus kan ya kalau sudah dipersiapkan semenjak kuliah ๐Ÿ˜› .

    Kalau aku biasanya ketika presentasi (terutama presentasi yang penting, haha) sudah kulatih semenjak sekian hari sebelumnya. Yang dilatih juga semuanya. Timing-nya dihitung, kata-kata/kalimat-kalimat yang diucapkan apa, dan kalau sempat juga “gesture” tubuhnya sekalian. Beberapa teman kalau gugup bahkan ada yang mengundang teman-temannya untuk “gladi resik” dulu, plus sekalian minta feedback (apakah ngomongnya kecepatan, apakah jelas, apakah kelihatan gugup, dll, hehe ๐Ÿ˜€ ).

    Disukai oleh 1 orang

    • fahrizinfa 15 November 2018 / 11:25 am

      Wahhh terima kasih banyak kak Zilko, nanti aku coba terapkan deh di presentasi selanjutnyaa. memang harus banyak latihan ya biar terbiasa saat presentasinya ๐Ÿ˜€

      Suka

  3. deadyrizky 14 November 2018 / 6:25 am

    Beda generasi beda perlakuan
    Mungkin karena generasi millennial ini seneng eksis dan ngomong
    Makanya dibanyakin presentasi sama dosennya
    Lumayan mengasah time management dan critical thinking ya

    Disukai oleh 1 orang

  4. Phebie 25 November 2018 / 11:36 am

    Untuk presentasi yang penting persiapan cukup dan antusiasme terhadap materi. Kalau kita sendiri nggak yakin bgmn meyakinkan orang hehehe…

    Suka

    • fahrizinfa 27 November 2018 / 6:44 am

      Iya memang perlu persiapan yang matang ya sebelum presentasi ๐Ÿ™‚

      Suka

  5. Vanisa Desfriani 3 Desember 2018 / 5:35 pm

    emang sih, nomor satu itu kuasai materi. Meski awal2 gugup, kalau udah kita kuasai lama2 juga cair persentasinya. Gitu sih pengalaman kuliah jaman dulu. ๐Ÿ™‚

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s