It’s About Time and Luck

Say hello to Doctor Strange! W

I never realize how important one second in our life until yesterday. How one second, one minute, and one hour could make a big difference in our life. It’s look just like a small number. But hey, even zero in accounting could make a big different. Just imagine when you want to transfer money for 10.000.000, and you mistaken write it by 100.000.000.

Perbedaan sekecil apapun selalu bisa memberikan efek yang besar terhadap suatu hal.


Seperti yang sudah pernah saya ceritakan di beberapa postingan sebelumnya, pada semester ini saya sudah mulai menyusun skripsi. Beberapa minggu belakangan ini saya sudah mulai mengumpulkan jurnal maupun sumber terkait untuk bahan bab 1 skripsi saya. Bab 1 terlihat sangat sederhana memag hanya ada lima bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan kerangka pemikiran. Tapi seriusan deh, rasanya sulit sekali bahkan untuk memulai menuliskan satu kata di bab pertama itu. Bagian yang paling sulit itu ketika saya harus menuliskan paragraf pertama di halaman pertama. Aslian deh, ketika paragraf satu sudah selesai proses menulisnya mulai lancar hahaha. Memulai memang bagian yang paling sulit ya dalam melakukan semua hal. Apalagi skripsi hahaha 😀

Singkat cerita, akhirnya saya bisa menyelesaikan bab pertama pada hari senin pada minggu ini. Belum bisa dibilang benar-benar selesai sih, progress nya sekitar 90 persen menuju selesai. Saya memutuskan untuk menyelesaikan sisanya pada hari selasa.

Ketika hari selasa, entah kenapa ketika saya jogging pagi saya kepikiran untuk menghubungi dosen pembimbing saya melalui whatsapp. Saya awalnya berniat mau menanyakan bisa bimbingan minggu ini dihari apa. Soalnya biasanya chat saya baru dibalas lumayan lama, bisa malam hari atau keesokan harinya dibalas. Jadi jaga-jaga karena saya ingin bimbingan minggu ini, saya memutuskan untuk menghubunginya pagi itu.

Semua rencana saya berjalan mulus pada hari itu. Setelah selesai jogging dan mandi, saya lanjut menyelesaikan sisa bagian bab pertama yang masih belum selesai. Sampai akhirnya, pada pukul sepuluh pagi saya mendapatkan notifikasi chat whatsapp

Dan ternyata itu dari dosen pembimbing saya dong, beliau memberi kabar kalau saya bisa bimbingan hari itu juga jam 12 siang.

Otomatis saya masuk mode panik maksimal.

Saya sama sekali tidak menyangka kalau chat saya akan dibalas secepat itu (soalnya chat saya baru dibales lumayan lama). Daaannnn sejujurnya saya tidak ada rencana mau bimbingan hari itu. Planning saya adalah beresin sisa bab pertama hari selasa, baru bimbingan hari rabu atau hari lain di minggu itu. Sebenarnya lebih cepat lebih baik yaa, tapi kaget aja gitu haahaha. Untungnya posisi ketika notifikasi itu datang, posisi bab satu saya sudah selesai. Jadi tinggal print, lalu jam sebelas saya naik gojek ke kampus.

Oke pelajaran pertama: jangan nekat chat dosen pembimbing kalau bab skripsinya belum beres.


Hasil bimbingan dadakan: Bab satu saya harus diubah total, karena akhirnya saya harus ganti judul. Alasannya bukan karena topik yang saya ajukan tidak menarik atau tidak relevan. Tapi karena ada satu orang yang duluan bimbingan sebelum saya. Dan topik skripsinya sama persis seperti saya. Jadi ya….. karena saya telat minta bimbingan…. akhirnya saya harus ganti judul. Untungnya dosen pembimbing saya membantu saya dengan memberi saran judul yang baru.

Mungkin posisi saya tidak akan seperti ini kalau saya lebih cepat menyelesaikan bab satu saya. Kalau dipikir-pikir, topik skripsi tuh kaya jodoh ya. Kalau ga cepat-cepat, bisa didahului orang lain. Analogi apa lagi coba itu ga jelas banget hahaha.

Mungkin topik skripsi saya yang pertama memang bukan rezeki dan jodoh saya. That’s fine, I just need to do it again. I promise to my self that I will get done it as soon as posible. Perbedaan waktu yang tidak terlalu jauh bahkan bisa menyebabkan sebuah dampak yang signifikan terhadap hidup kita ya.

Well, how about you my friends? do you have any story of your life that you could share with me? 😀

-FNFA-

4 respons untuk ‘It’s About Time and Luck’

  1. deadyrizky 17 Februari 2019 / 12:55 pm

    Bos gw pernah tuh
    Beli pulsa seratus ribu di bri mobile
    Kepencetnya sejuta
    Hahaha

    Suka

    • fahrizinfa 19 Februari 2019 / 3:54 pm

      Wah shock langsung saya sih kalau kaya gitu kebelinya banyak banget XD

      Suka

  2. zilko 18 Februari 2019 / 2:33 pm

    Bab pertama skripsi/thesis/disertasi itu justru yang paling sulit untuk ditulisnya lho!! Soalnya kita harus menceritakan dan “menjual” topik skripsi/thesis/disertasinya di situ kan, dan kemudian juga harus menyertakan tautan-tautan ke artikel-artikel lain yang mendukung topik kita. Semuanya harus dirangkai sehingga jalan ceritanya “nyambung”, hahaha.

    Ahhh, benar-benar “sial” ya, kalah cepat dengan mahasiswa lain! Ya mudah-mudahan topik yang baru ini sama menariknya ya! 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    • fahrizinfa 21 Februari 2019 / 6:52 pm

      bener banget kak zilko, bab awal sulit banget apalagi pas mencari rujukan jurnal dan lain-lainnya itu ya hahahah. Aminn thank you kak Zilko 😀

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s